Database Tokopedia Bocor: Ubah Password mu jadi Passphrase


Database Tokopedia Bocor

Baru-baru ini beredar sebuah berita mengenai salah satu Market Place asal Indonesia, yakni Tokopedia yang dibobol hacker. Hacker tersebut mengclaim memiliki data user atau pengguna yang mencapai 90 juta data akun Tokopedia.
Dilansir dari CNN Indonesia, Tokopedia mengakui juga bahwa ada kebocoran data user sekitar 90juta pengguna aktif Tokopedia.

Berita Tokopedia dibobol ini pertama kali mencuat dari media social twitter. Yang mana salah satu akun twitter dengan nickaname @underthebreach.
Pemberitaan yang disampaikan oleh underthebreach sontak menyulut warga netizen beramai-ramai menggunakan hastag #Tokopedia dan sempat menjadi trending topik nasional.

Berdasarkan twit yang di buat oleh underthebreach, Hacker yang membobol Tokopedia memiliki data pengguna sejumlah 91.000.000 dan menjualnya di forum hacker yang ada di DarkNet dengan harga $5,000 atau senilai dengan 73.000.000 rupiah. Update hingga 3 mei 2020, sudah ada beberapa yang terjual di darknet. 

Update: 03 May 2020, 20:06 (GMT)


Berdasarkan laporan kumparan yang dikutip dari under the breach, data yang dicuri meliputi data base email, password, dan nama pengguna dari Tokopedia. Lebih lanjut lagi akun under the breach mengusulkan untuk mengubah password akun Tokopedia para pengguna, guna meminimalisir terjadinya kebocoran data pribadi.
Saran yang diberikan oleh para pakar IT adalah dengan mengganti sandi dengan passphrashe.

Apa itu PassPhrase?
Sedikit pengetahuan saya mengenai PassPhrase.
Passphrase adalah sandi yang terdiri dari beberapa karakter. Berbeda dengan password yang biasanya hanya meliputi satu kata saja. Misalkan contoh dari passphrase ini adalah: budianduk, tahusumedang, mamahcantik.

Berbeda dengan password yang biasanya hanya menggunakan satu kata saja, misalkan: bandung, sumedang, Jakarta dll.
Adapun kita mengenal yang namanya passcode, itu biasanya meliputi kombinasi angka yang terdiri dari enam angka atau lebih. Ini biasa digunakan dalam penggunaan ATM, seperti 234234, 33333, dan lain lain.

Jadi melihat penjelasan singkat mengenai passphrase, jika kamu pengguna Tokopedia, dan merasa kamu pengguna lama, bisa kamu coba untuk mengganti sandi kamu menjadi passphrase untuk melindungi data pribadi dan sald penjualan jika ada.

Simpulan  
Berdasarkan rentetan artikel di atas, kita menjadi sadar bahwa sebuah data itu sangat penting. Menyimpan data di internet yang dikira aman ternyata tidak pula aman. Penting rasanya untuk mengupdate sandi setiap platform dimana data kita berada, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selalu lindungi data kamu, jangan sampai hilang karena kecerobohan kamu sendiri.
Sekian artikel kali ini, semoga membantu.
Comments


EmoticonEmoticon