Memulai Bisnis Dropship Bisnis Tanpa Modal

Memulai Bisnis Dropship
Gambar dari Google


Sukses di usia muda bukan hal sulit sebenarnya, tinggal ada kemauan pasti ada jalan. Sesuai dengan apa yang akan saya tulis hari ini, mengenai sukses di usia muda. Banyak yang nanya, sama saya, mau jualan tapi gak punya modal, hari gini masih mikir gitu sebenernya masih cupu, kenapa saya bilang cupu, ya kamu punya ponsel pintar, kamu punya koneksi internet yang mana kamu bisa memulau berjualan secara online, banyak toh sekarang marketplace local yang menyediakan banyak barang, katakana lah Shopee, Tokopedia, Lazada dan teman-teman marketplace lainnya. Kamu bisa ambil barang dari satu marketplace untuk dijual di markerplace yang lainnya. Cara ini disebut Dropship, dan kamu jadi Dropshiper. Ngedrop barang orang buat dijual, bahasa indonya sih calo barang, seperti itu kurang lebih.
Memulai Bisnis Dropship
Gambar dari Google

Untuk memulai bisnis dropship ini mudah, tak perlu modal yang mana seringkali jadi keluhan orang-orang. Modal utama dari bisnis dropship ini hanya perlu ponsel dan koneksi internet, mungkin tambah lagi kemauan kamu yang kuat untuk berpenghasilan. Untuk kamu yang belum paham gimana sih prosesnya, nih saya jelasin.
Hal pertama dan utama yang perlu kamu lakukan ialah membuat toko online, dimanapun terserah, mau itu di Tokopedia, atau Shopee. Setting semenarik mungkin toko kamu untuk membuat nyaman pengunjung yang datang ke toko kamu. Logikanya kita buat real oke, kalo kamu punya toko, tentunya dekorasi toko kamu akan dibuat semenarik mungkin, untuk mengundang pengunjung datang ke toko kamu, masalah beli atatu tidak itu urusan kedua, yang penting toko kamu udah bikin nyaman dan orang yang berkunjung akan mengingat toko kamu. Seperti itu logikanya.
Kedua, yang perlu kamu lakukan setelah mendekorasi toko kamu menjadi menarik, yaitu kamu mencari distributor, dalam hal ini banyak yang fatal. Ketika mencari distributor atau supplier, selalu usahakan untuk melihat reputasi toko tersebut di marketplacenya, biasanya kalau reputasinya baik itu banyak yang beli disana. Selanjutnya lihat juga di deskripsi, apakah toko tersebut atau calon supplier kamu ini welcome untuk para reseller, jika itu bisa jadi supplier kamu kedepannya. Jika tidak jangan dipaksakan, karena ada beberapa toko yang tidak mau menjadi menjadi supplier. Saran saya cari supplier yang banyak.
Bisnis Dropship
Gambar dari Google

Ketiga, proses selanjutnya saya akan jelaskan mengenai proses dropshipnya seperti apa. Perlu kamu ketahui, diawal tulisan, saya sudah menjelaskan mengenai sederhannya kamu berjualan, untuk memulai bisnis dropship ini, kamu buat toko di salah satu marketplace, lalu cari distributor atau supplier di marketplace lain, ini bertujuan agar proses promosi kamu tidak bentrok dengan supplier kamu sendiri jika satu marketplace. Lakukan hal ini terus secara silang menyilang antara satu marketplace dengan marketplace lainnya.
Keempat, focus pada satu jenis barang, artinya kamu focus untuk menjual satu jenis barang, misalnya kayak kerudung, kamu focus jualan kerudung dan cari supplier kerudung dari marketplace tetangga sebanyak-banyaknya, agar stok barang di tokok selalu ready.
Kelima, upload produk dan mark up, atau naikkan 20-30% dari harga barang asal, ini yang menentukan seberapa besar penghasilan kamu dalam setipa penjualan atau closing product setiap saatnya. Terakhir, kamu tinggal sering-sering upload produk di toko kamu sendiri, untuk produk jangn takut, ambil dari supplier kamu sendiri.
Jadi untuk memulai bisnis jenis ini, kamu perlu menyiapkan segala hal yang dibuthkan dan menjadi prasyarat oleh marketplace yang kamu ikuti.

Comments


EmoticonEmoticon