Cara Menyimpan File Di Google Drive Android Dengan Mudah



Cara Menyimpan File Di Google Drive Android

Seringkah kamu merasa kesal Ketika di Smartphone kamu tiba-tiba muncul notifikasi penyimpanan penuh? Atau smartphone kamu menjadi lemot, lambat jeung sajabana, pastinya kamu merasa kelas. Kalo kamu cerdas pasti kamu akan menggunakan Google drive sebagai tempat untuk menyimpan semua file kamu.
Kebetulan eh emang sengaja sih, saya kali ini mau berbagi mengenai cara menyimpan file di google drive menggunakan android. Jadi untuk kamu yang punya smartphone dengan keluhan diatas bisa baca dan pelajari secara seksama. Artikel ini kan saya bagi kedalam beberapa subtema sebagai berikut, untuk menjelaskan kepada kamu biar jelass jelasss yaa.

  • Apa Itu Google Drive
  • Cara Menyimpan File di Google Drive Android
  • Cara Mendownload File di Google Drive



Oke kita mulai ya bos pembahasannya

Apa Itu Google Drive?

Google drive adalah sebuah layanan google untuk penyimpanan, sederhananya seperti itu. Lebih jelasnya ialah bahwa google drive ini dibuat oleh google sebagai layanan yang diperuntukan bagi para pengguna androin untuk dapat memnimalisir terjadinya overload pada kapasitas smartphone android kamu.
Meskipun di zaman sekarang para produsen smartphone saling berlomba-lomba memperbesar memori internal untuk penyimpanan, nyatanya masih saja orang merasa kekurangan dnegan kapasitas yang ada. Biasanya nih ya asumsi saya atau bahkan asumsi public juga, bahwa semakin besar penyimpanan di smartphone kamu, maka semakin besar juga kapasitas yang dipakai oleh system android smartphone kamu.
Maka dari itu google berinisiatif untuk memberikan layanan penyimpanan online untuk membantu permasalahan global ini (anjay kayak covid ae permasalahan global wkwk),
Oke lanjut ya, layanan ini sekarang sudah bisa dinikmati oleh setiap pengguna smartphone khususnya android, karena biasanya sudah terintegrasi dengan handphone kamu Ketika login menggunakan email yang dibuat oleh platform gmail. Gimana sampai sini udah tahu sekarang mah ap aitu google drive?. Kalo udah tau yuk kita lanjutin pembahasannya.

Keuntungan menggunakan layanan Google drive di Android

Setelah mengetahui ap aitu google drive, selanjutnya ada nih keuntungan kamu menggunakan layanan google drive. Seperti yang udah saya jelasin di atas bahwa adanya layanan ini untuk meminimalisir terjadinya overload pada penyimpanan smartphone kamu juga berfungsi sebagai penyimpanan offline juga. Nah loh katanya tadi online, kok sekarang offline? Oke saja jelasin juga nih.
Jadi fitur lain dari google drive ini Ketika kamu mengkasesnya emang harus online, bahkan untuk mendownload file berupa foto, video dan berkas lain kamu harus terhubung dnegan koneksi internet. Namun google memperbaharui fitur tambahan, seperti halnya kamu dapat melihat file-file kamu secara offline. Dengan begitu ini mempermudah kamu untuk melihat file apa aja nih yang ada di google drive. Paham kan ? masa iya nggak paham.
Keuntungan dengan menggunakan layanan google drive ini bisa dikatakan sangat mempermudah kita semua untuk menyimpan file-file di internet. Untuk kapasitas yang disediakan oleh google drive ini lumayan besar yaitu sekitar 15gb. Kalo kamu pake email domain mah bisa unlimited, saya aja nyimpen file di drive sampe 50gb. Wkwk
Nah jadi kamu sebagai pengguna smartphone android ini sangat membantu, beda dengan pengguna Iphone, di Iphone di sediakan Icloud, sebagai penyimpanan khususnya, ya kalo di android pake google drive ini. oh iya hampir aja lupa, penyimpanan di drive ini kamu bisa menyimpan semua file ya, jadi bisa di backup tuh dari handphone kamu ke drive untuk melindungi file file yang tiba-tiba bisa hilang ke format atau apapun itu.

Cara menyimpan file di google drive android

Setelah saya jelasin tentang google drive dan keuntungannya, sekarang kita lanjut ke tahap gimana sih cara menyimpan file di google drive.
Ini hal yang mudah sebenarnya, kalo belum ada aplikasinya kamu bisa download dulu di Playstore. Kalo udah ada, kamu tinggal klik aja aplikasi google drive yang ada di handphone kamu, terus pilih icon + pada sisi bagian kanan bawah. Kayak gini nih:
1. pilih aplikasi google drive di handphone kamu.
Cara Menyimpan File Di Google Drive Android


2.  pilih icon + kayak gini
Cara Menyimpan File Di Google Drive Android
3. pilih upload, selanjutnya kamu pilih file mana yang mau di simpan di drive


Cara Menyimpan File Di Google Drive Android
4. udah beres nih, tunggu sampe upload selesai
Nah gitu, mudah kan caranya?
Nah kalo udah di upload, kamu bisa hapus tuh file asli yang disimpan memori internal kamu, hal ini supaya tidak penuh juga di memori internal kamu. Sekarang percuma kamu upload ke drive, tapi file copy filenya masih ada di internal, sama aja bohong. Jadi hapus saja file aslinya karena ada copy online nya tersimpan di google drive. Jadi bia di hapus yaa.


Cara mendownload file di google drive

setelah kamu belajar cara menyimpan file di google drive, kamu harus tahu juga gimana cara mendownload file yang ada di google drive. Langkah ini juga gak susah-susah amat, kamu hanya perlu klik aplikasi google drive dan pilih folder tempat kamu menyimpan filenya. Kalo pusing kayak gini nih.
Cara Menyimpan File Di Google Drive Android

kalo udah masuk drive, klik tiga titik kebawah  nanti muncul kayak gini

Cara Menyimpan File Di Google Drive Android
tinggal klik download, beres deh ke download filenya.
Gimana udah paham?
Jadi banyak banget nih keuntungan yang kamu dapat kalo menggunakan penyimpanan dari google ini. mudah diakses dimana pun kamu berada, mau download via pc atau laptop, ya gampang. Tinggal kamu masuk aja ke google drive yang bisa kamu ketik sendiri di google, masa iya link nya saya kasih tahu juga ah.
Langkahnya sama kayak di android tadi, tinggal klik sana sini pilih download, kalo mau upload file via laptop pun bisa, nih misalnya kamu mau nyimpen file skripsi bagi mahasiswa biar gak ilang, kalo laptopnya di curia tau flashdisk kamu rusak, ya upload aja di google drive, atau bagi kamu siswa Sd, Smp, dan SMA, bisa juga bikin pengarsipan tugas di google drive. Banyak bangetya keuntungannya. Kalo saya jelasin lebih banyak lagi, saya keburu pegel ngetik. Jadi paling itu aja semnetara ini keuntungannya.
Jadi kesimpulannya, pergunakanlah dengan bijak 15gb yang tersedia sebagai pengimpanan di handphone kamu. Saya saranin ya kalo file-file video bokep jangan di upload, nanti malu sendiri kalo pas mau download, atau kamu lupa pas minjem laptop orang buat mengakses drive kamu wkwk zonkk nanti bos (pengalaman pribadi sih hehe).  Jadi gitu ya, mengenai google drive ini, semoga bermanfaat aja deh buat kamu apa yang saya tulis ini.
Btw kalo mau kenal atau diskusi bisnis online bisa hubungi saya ya, via fb, twitter, atau email.
Have a great day bos-bosque.






2 komentar


EmoticonEmoticon