Bisnis Affiliate Untuk Pemula




Pernahkah kamu melihat seseorang yang menawarkan barang atau jasa Ketika kamu di jalan. Atau bahkan pernahkah kamu membeli barang atau jasa tersebut?
Dalam istilah bisnis, pekerjaan mereka ini adalah sebagai marketing atau bagian pemasaran. Mereka akan mendapatkan komisi atau insentif dari berapa banyak jumlah barang atau jasa yang mereka jual. Ini adalah prinsip dari Affiliate atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Affiliasi pemasaran.
Sesuai dengan judul diatas, saya akan sedikit menerangkan kepada kamu apa yang saya ketahui mengenai bisnis Affiliate untuk pemula, ingat untuk pemula, bukan untuk para master.
Pada pembahasan ini saya akan membagi penjelasan mengenai Bisnis Affiliate Untuk pemula kedala 3 bagian.

  • Bagaimana memulai Bisnis Affiliate

  • Kelebihan dan Kekurangan Affiliate Marketing


oke kita mulai yukk

Pengertian Affiliate Marketing

Banyak orang yang tidak mengetahui secara pasti mengenai bisnis Affiliate marketing ini. Menurut guru saya yaitu Neil Patel definisi yang tepat untuk Affiliat marketing adalah:
“Affiliate marketing is the process of earning a commission by promoting other people’s (or company’s) products. You find a product you like, promote it to others and earn a piece of the profit for each sale that you make.
Mampus lu gak ngerti bahasa inggris wkwk.
Oke saya jelasin ya, sederhananya kata Mas Guru Neil Patel ialah, bahwa Affiliate Marketing adalah sebuah proses menghasilkan komisi dari penjualan yang diberikan oleh orang lain atau perusahaan yang punya produk. Kamu menemukan produk yang kamu suka dan mempromosikannya kepada orang lain, dan menghasilkan keuntungan dari seberapa banyak produk yang terjual. Kurang lebih seperti itulah kata si Mas Neil ini.
Jadi pemahaman gampangnya, kamu menjual barang milik orang lain atau perusahaan dengan cara mempromosikannya kepada orang lain sehingga orang lain tertarik untuk membelinya. Tidak perlu keahlian khusus untuk ini, kamu hanya perlu bisa banyak bacot dan menyebar link yang dikasih perusahaan dimana-mana. Asal jangan sambal menyebar pesona ya hehe.
Cara mudah untuk memulai bisnis jenis ini, kamu hanya perlu mengunjungi dan mencari tahu perusahaan-perusahaan yang menyediakan system ini, perlu diingat lihat juga berapa persenkan cuan yang kamu dapat dari penjualan satu produknya.  Bukan maksud saya kamu tidak boleh ambil profit nya yang sedikit, namun lihat juga dengan kemampuan kamu untuk membuat orang lain tertarik. Kalo kamu sanggup menjual barang banyak toh tak jadi masalah komisi kecil juga. Gitu guysss paham kan ? kalo paham kita lanjut ke bagian selanjutnya.

 Bagaimana Memulai Bisnis Affiliate

Setelah memahami apa itu Affiliate marketing, selanjutnya kamu pasti mikir (kalo mikir itu juga) gimana sih untuk berkecimpung dalam bisnis ini?....oke saya jelasin nih bos.
Hal pertama yang perlu kamu punya ya jelas pastinya Koneksi Internet, karena kita akan memulai ini dengan basis digital. Hal selanjutnya yang perlu kamu punya yatu website atau blog, ini opsional aja ya menyesuaikan dengan dimana kamu lebih suka mempromosikannya. Kedua hal itu jelas harus kita punya, selain itu ada kemampuan mengetik yang baik, sehingga orang akan tertarik dengan ajakan berupa tulisan yang kita buat atau video yang kita buat (jika kamu mau promosi lewat video youtube).
Jika kamu bertanya, dimana saya bisa mendapatkan perusahaan affiliasi untuk memulai?
Jawabannya adalah Amazon dan Click Bank. Kedua perusahaan ini bukan perusahaan kaleng-kaleng lagi dalam membayar para affiliate marketernya. Mereka sanggup untuk membayar $100.000 untuk komisi yang kamu dapatkan, ingat cuk dollar loh dollar.


Step by stepnya nanti saya jelaskan di artikel yang selanjutnya. Caranya adalah dengan kamu mengunjungi amazon dan cari disana Amazon Association kalo pusing nih saya kasih link nya:  https://affiliate-program.amazon.com/ kamu daftar disini, isi saja semua kolom dengan jelas, lalu pilih barang apa yang akan kamu promosikan kepada orang banyak. Kalo kamu senengnya promosi di twitter karna kamu warga twitter, boleh. Kamu seneng di Fb dan teman kamu orang bule semua, boleh. Untuk opsi yang memungkinkan penjualan kamu meroket ya tadi kaya saya, bikin blog dan promosikan via blog atau website kamu. Carilah kata kunci yang memungkinkan mendatangkan pengunjung, atau bisa mendatangkan pengunjung dengan Youtube. Lakukan riset keyword untuk mendapatkan produk yang paling di cari oleh semua orang. Buat pengunjung yang tertarget, biasanya orang indo jarang beli di amazon dan click bank, coba buat kamu bikin target pengunjungnya orang bule semua, insyaallah dengan ketekunan bisa terjual banyak.  Sampe sini paham kan? Lanjut ya ke bagian terakhir.

 Kelebihan Dan Kekurangan Affiliate Marketing

Adapun kelebihan dan kekurangan dari bisnis affiliate ini ialah, salah satu kelebihan dulu ya bos, biar semangat kamu belajarnya. Kelebihannya ialah kamu bisa meraup untuk yang sangat banyak kalo kamu sanggup dan tekun menjalaninya. Berapapun earning kamu atau penghasilan kamu akan dibayar oleh setiap perusahaan yang bersangkutan. Namun disisi lain ada kekurangannya (yang kampret ada kurangnya juga ya) kekurangan disini bukan dari masalah teknis, namun lebih tepatnya kekurangan yang membuat kamu malas untuk mempelajari Affiliate marketing ini.
Salah satu kekurangannya ialah, mereka belum support untuk mencairkan dana lewat bank negara kita, baik itu mandiri, BNI, BRI jeung sajabana. Namun kamu bisa memilih Cek yang bisa dicairkan di bank kita, adeuhh gaya ka bank mamawa cek dari click bank haha. Nah selain cek, cara yang lebih mudah dengan cara kamu bikin kartu payoneer. Salah satu bank yang menyediakan akses di seluruh negara, kamu nanti bikin rekening online gitu dan dikirim kartu ATM nya ke rumah kamu dari Amerika, perlu di ingat ini gratisss..tiss.tiss. Manfaa payoneer bukan Cuma dari pembayaran itu aja, bisa untuk keperluan lain selain bisnis affiliate. Kayak gituu ini untuk mempermudah ya bagi kamu yang suka rebahan dan gak mau pergi ke Bank, jadi uangnya di kirim ke rekening online kamu dan kamu bisa mengambilnya menggunakan Payoneer yang kamu punya.
Nah gimana setelah membaca artikel ini, jadi tertarik untuk memulai bisnis Affiliate ini? mudah sebenarnya, Cuma butuh waktu aja buat kamu promosi ke banyak grup atau via social media, via blogging atau via forum forum kayak gitu. Hanya saja konsistensi kamu yang diperlukan dan skill kamu dalam merancang kata kata Mutiara haha ini supaya calon pembeli bisa percaya dan mau melakukan transaksi menggunakan link Affiliat kamu.
Jadi kesimpulannya program Affiliat marketing ini selain memang membayar dengan komisi yang gede-gede sisi lain kekurangannya yakni tadi seperti yang dijelasin diatas, kurang support bank yang berlaku dalam pembayarannya saja.
Semoga nih setelah baca artikel yang kurang detail ini kamu tertarik untuk memulai bisnis jenis ini. jangan pernah takut untuk mencoba dan belajar, karena belajar gak kenal sama usia. Okee semangat yaa.
Salam hangat
Risal Maulana. Btw kalo mau ngobrol dan diskusi bisa via FB, Twitter atau Ig ya, kamu bisa klik tombol sosmed dibawah dan hubungi saja saya.




Comments


EmoticonEmoticon