Bagaimana Mengetahui Keyword yang di Rangking di Blog Kita?



Pernah nggak kamu para blogger, penasaran “kira kira keyword apa aja yang di rangking sih di website?” mungkin semua blogger juga pasti menanyakan hal itu, namun apakah kamu mengetahui bagaimana cara mengetahuinya? Nah kali ini saya nggak sengaja nih, mampir ke blognya kang Irvan, blogger asal bandung yang mana webnya ini menjadi tempat saya belajar hehe udah sempet kontak juga tapi gak dibalas sama kang irvan nya. Namun bukan itu yang akan saya tulis hari ini. sesuai judul dan apa yang saya pelajari dari kang irvan, sebernenya ini repost dari blog nya kang irvan, mengenau bagaimana mengetahui keyword yang di rangking di blog kita.
Mungkin kamu ngeluh, karena beberapa tools itu berbayar, katakanlah kayak misalnya Ahref atau sejenisnya, semua berbayar, namun nampaknya google menyediakan tools yang sama namun tidak berbayar, berguna banget nih buat kamu yang suka gratisan hehe. Namanya Google Data Studio. Ada syaratnya tapi, syaratnya blog kamu harus terdaftar dulu di Google Search Console.
Yuk simak berikut tata caranya ya.
Pertama kamu masuk ke Google Data Studio, udah gitu login deh pake email yang dipakai untuk google search console kamu.
Mengetahui Keyword yang di Rangking

Setelah itu kamu klik tuh tulisan Create, udah gitu pilih sumber yang dipakai menggunakan google search console, seperti berikut ini ya.
Mengetahui Keyword yang di Rangking


Mengetahui Keyword yang di Rangking

Udah gitu pilih blog mana yang ingin kamu analisis, pilih satu aja ya.
Mengetahui Keyword yang di Rangking

Setelah dipilih akan muncul nanti di sisi kanan data blog kamu, tulisan site impression dan url impression, kamu klik dua-duanya. Ini berfungsi untuk memberikan data akurat mengenai jumlah impresi yang masuk ke data console kamu.
Mengetahui Keyword yang di Rangking


Nah kalo udah di klik, silahkan pilih di pojok kana nada data seperti diatas ini, kamu tinggal klik add dimension, yang mana ini akan menunjukkan jumlah apa saja atau parameter yang kamu ingin ketahui. Kalo saya pake parameter seperti diatas itu, silahkan menyesuaikan aja ya sama kebutuhan kamu sendiri.

Nah kalo sekiranya udah merasa cukup dengan data yang kamu butuhan, kamu bisa mengunduhnya data yang kamu buat ini, tinggal klik di kanan atas ada tulisaan seperti Digambar, dan pilih unduh. Maka data yang kamu lihat di monitor pc kamu akan otomatis semua terdownload dalam format pdf, kalo ang irvan mah formatnya excel, saya kurang tahu juga tuh.
Mengetahui Keyword yang di Rangking

Terus kalo udah di download, silahkan lihat keyword mana aja yang sekiranya menurut kamu potensial. Data ini bisa kamu gunakan untuk merangkin Kembali dan menggeser competitor di halaman satu google atau kamu bisa pula untuk kebutuhan pribadi, entah lah itu mah gimana kamu aja mau di apakan data keyword ini.

Intinya dengan data keyword ini kalo kamu kreatif tentunya akan sangat berguna sekali untuk kebutuhan konten blog kamu, atau membuat artikel yang relevan dengan keyword ini, sehingga memantapkan SEO Onpage kamu sendiri. Kalo say amah pribadi saya pergunakan untuk membuat kontek yang relevan dan mengarahkan link nya ke artikel utama, jadi lumayan tuh buat mendongkrak artikel utama masuk page 1.
Seperti itu aja sih paling, ini berdasarkan bacaan dan praktek saya pribadi ya. Dan kalo bingung, seperti yang dikatakan oleh kang irvan, ya keep aja dulu siapa tahu kedepannya kamu butuh.
Sekian tips singkat atau tutorial ini, semoga bermanfaat. 


Comments


EmoticonEmoticon