Bagaimana Melakukan Research Keyword Yang Benar?


Sesuai janji saya pada artikel membuat blog micro niche, saya putuskan untuk melanjutkannya mengenai bagaimana cara melakukan research keyword. Kenapa begitu penting research keyword ini?
Pertanyaan yang mungkin kamu ajukan kepada banyak orang, atau bahkan diri kamu sendiri sebagai newbie. Bagi para mastah atau master dalam dunia blogging, kunci utama untuk merangking blog atau untuk menempatkan blognya di posisi pertama gugel tentunya harus merencanakan dengan matang mengenai blog nya, dan tentunya juga bagaimana mereka merancang keyword yang dibidk. Banyak tujuan untuk melakukan research keyword ini, selain untuk menempati posisi pertama di gugel, juga ada pula yang bertujuan untuk menganalisis mengenai produk-produk yang hendak di pasarkan secara online.
Jadi sebenarnya ada berbagai macam tujuan Ketika kamu melakukan research keyword ini. nah karena di artikel sebelumnya kita membahas mengenai micro niche, jadi kita relevansi kan dengan konten sebelumnya oke?.
Untuk melakukan research keyword ini ada beberapa elemen yang kamu perlukan sebelum memulai melakukannya. Apa saja kah itu ? berikut ini listnya.:
  • Aku gmail
  • Google keyword planner
  • Notepad.

Oke kita mulai ya.
Akun gmail. Kenapa butuh itu?
Karena kita akan menganalisis keyword dengan menggunakan google keyword planner, secara otomatis kamu membutuhkan akun gmail. Jika belum punya, kamu bisa membuat gmail terlebih dahulu.
Jika sudah membuat gmail, kamu bisa langsung masuk ke halaman google keyword planner. Kamu bisa lihat gambar di bawah ini untuk memulai pertamanya.

Melakukan Research Keyword


Nah untuk Langkah ini silahkan isikan data sesuai dengan niche blog kamu. Jika blog kamu bertemakan wisata bandung, kamu bisa memulai dengan mengetikkan di dalam kolom, disini saya mencoba memasukkan keyword “wisata bandung”, nah bisa dilihat hasilnya kayak gimana kan?
Melakukan Research Keyword

Lihat juga CPC nya, kalo misalnya ramai pencari, seperti dilhat disana kita llihat selama setahun terakhir pencarian mencapai 100K artinya bukan angka yang sedikit, logikanya kalo cpc kamu kecil, jangan takut akan berpenghasilan sedikit, namun logikanya kita balikan, sedikit cpc asal banyak pengunjung tidak akan menjadi masalah buat kamu. Selama kamu memahami dan belajar SEO untuk optimasi blog kamu.
Melakukan Research Keyword

Langkah selanjutnya kamu bisa ganti pencarian dari yang satu tahun menjadi satu bulan terakhir, artinya ini untuk mengetahui apakah keyword kamu ini masih suka di cari orang selama sebulan ke belakang? kalo misalnya iya masih di cari, ini bisa kamu isikan dengan artikel untuk di posting di blog kamu, nah mas kok kita butuh notepad, fungsinya untuk apa dalam research keyword ini?, ya fungsingya untuk kamu bisa mencopy kata kunci yang sekiranya potensial untuk isi blog kamu sendiri. Jadi copas tuh keyword ke notepad, selanjutnya buat list tersebut artikel untuk di posting di blog kamu. Kalo say amah suka research keyword dulu sebelum membuat blog yang menurut saya potensial, alasannya kalo memang blog kamu money oriented artinya kamu harus lihat dulu kata kunci yang sekiranya potensial, sehingga Ketika membuat blog kamu punya tujuan sendiri.
Tidak asal isi artikel nantinya, gitu sih.
Sebenarnya cara ini hanya segelintir saja, masih banyak cara yang lain, yang bisa kamu lakukan sendiri, jangan takut untuk melakukan eksperimen, mengenai kata kunci yang beredar di google. Gunakan pula tools yang berbayar jika ingin hasil yang optimal, karena awalnya saya Cuma iseng jadi saya sarankan untuk menggunakan yang gretongan dulu aja ya, kalo kuat di modal boleh lah pake yang berbayar.
Bedanya dengan yang berbayar Cuma satu, kita bisa tahu lebih detail mengenai kata kunci yang kita cari. Gitu aja palingan juga.
Silahkan cob acara saya ini dengan kamu melakukannya sendiri, lakukan eksperimen dan jangan takut salah, karena kita manusia bukan google, hhehe
Oke beres ya, kalo bermafaat silahkan bagikan jangan lupa untuk berkunjung lagi, siapa tahu ada hadiah kan yang bisa kamu ambil.

Comments


EmoticonEmoticon