Bagaimana Cara Membangun Sebuah Blog Micro Niche?

Cara Membangun Sebuah Blog Micro
Cara Membangun Sebuah Blog Micro 


Halo sahabat warnet, kali ini saya akan menulis lagi nih, mengenai micro niche. Banyak yang bertanya kepada saya, bagaimana sih membangun sebuah micro niche.
Eitss tapi sebelum saya jelasin nih ya guys mengenai cara membuatnya, saya akan jelasin dulu nih, kira-kira apa sih itu micro niche?. Oke seperti biasa, saya akan bagi penjelasan ini kedalam beberapa bagian. Diantaranya:
  • Apa itu blog microniche? 
  • Manfaat micro niche blog? 
  • Bagaimana cara membuatnya?

Oke langsung aja yaa.

Pengertian Micro Niche Blog

Apakah kamu pernah melihat suatu blog, atau berkunjung pada suatu blog yang focus membahas suatu hal secara spesifik. Misalnya ada suatu blog yang secara khusus dan spesifik membahas mengenai bandung, kata kunci dalam artikel yang disajikan misalnya, wisata belanja di bandung, sepatu khas bandung, makanan khas bandung, dan segala serba serbi tentang bandung. Nah bisa jadi blog yang kamu baca itu adalah sebuah micro niche, yang mana artinya sendiri adalah blog yang membahas secara spesifik pada suatu kata kunci. Eits tapi bukan tentang bandung aja ya, ada begitu banyak blog micro niche ini. Katakanlah kalo misalnya dalam hal teknologi, ada blog yang membahas mengenai Samsung all about Samsung. Nah itu salah satunya. Oke sampe sini paham kan apa itu micro niche blog? Kalo udah agak paham kita lanjut nih ke poin selanjutnya ya.

Manfaat Membagun Blog Micro Niche

Ada banyak manfaat Ketika kamu membuat blog micro niche, selain memberikan informasi yang spesifik kepada pengunjung, blog micro niche ini mempercepat laju datangnya pengunjung ke blog kamu. Jadi dengan kata lain blog kamu akan sering didatangi oleh pengunjung yang dengan pasti mencari informasi suatu hal secara spesifik. Begituu Bambang..
Manfaat lainnya? Ada juga loh santai ya mas bro,
Manfaat lainnya kamu jadi lebih mudah untuk mengoptimasi blog kamu dengan SEO, belajar SEO lah terbelih dahulu, agar kamu bisa lebih memahami mengenai kinerja google secara pasti untuk mengindex blog kamu secara cepat dan mendatangkan pengunjung.
Itu sih yang saya tahu mengenai manfaat blog micro niche ini.
Lanjut yaa,  point selanjutnya dan paling penting..

Bagaimana Cara Membuat Blog Microniche ?

Cara membuatnya menurut saya cukup mudah, seperti kamu membuat blog lainnya, hal pertama ya cukup cari domain yang akan kamu gunakan. Saran saya untuk memilih domain yang baik, gunakan domain yang sekiranya akan mudah diingat oleh orang banyak, dan yang paling mudah diingat oleh orang adalah domain dengan eksistensi .com. kamu bisa mencari domain ini di Namecheap, Godaddy, atau kalo kamu pusing pembayarannya pakai dollar, kamu bisa pake yang local atau dari Indonesia sendiri, saya sarankan Exabyte, disini kamu bisa mendapatkan hosting murah dan domain .com dengan murah juga. kamu bisa pakai Refferal saya dan dapatkan bonus 25% untuk pengguna baru nih. Cari Disini.
Saran saya selanjutnya, gunakan KOD (keyword on domain), misalnya kalo kamu ingin membahas serba serbi bandung, kamu bisa gunakan belanjabandung.com, wisata bandung, dan lainnya, yang pasti gunakan kata kunci yang kamu bidik ada di dalam nama domain kamu.
Langkah selanjutnya kalo kamu udah bikin itu blog, lakukan research keyword, atau kamu mencari tahu mengenai berapa banyak orang yang mencari informasi tentang bandung tadi. Disini kamu bisa gunakan tools gratisan, seperti misalnya google keyword planner. Disini kamu bisa melihat seberapa banyak pencarian yang dilakukan atas tema dari blog kamu. Saran saya lagi nih, ambil kata kunci yang kompetitornya itu yang Low. Dengan pencarian dibawah 5000 namun diatas 2000, ini fungsinya untuk apa ? nanti saya jelasin di artikel selanjutnya mengenai Research Keyword, namun yang pasti alasan kuatnya kenapa saya saranin dingka tersebut, tak lain karena memang kalo misalnya ada diangka segitu memungkinkan kamu untuk menulis artikel yang nantinya akan dibaca orang, coba bayangin kalo misalnya kamu menulis suatu artikel yang jumlah pencariannya dibawah 200, kebayang dong blog kamu gak aka nada pengunjungnya, terlebih kamu belum juga memahami SEO, wah kacaww sih ini.
Oke lanjut ya, Ketika kamu sudah beres mencari kata kunci dan membuat sebuah blog, selanjutnya lakukan update rutin pada blog kamu, misalnya kamu buat artikel rutin sehari sekali, lakukan secara konsisten. Jangan sampai kamu di awal membuat blog kamu rutin menulis, namun seminggu berselang kamu malas untuk memberi asupan sama blog kamu. Anggaplah blog kamu itu peliharaan, kalo dirumah saya mah ada kucing namanya si Mince, jadi kalo udah beres ngasih makan si Mince, saya juga harus memberi makan ini blog, katakanlah seperti itu, rawat dengan penuh kasih saying dan jangan lupa untuk memberikan nutrisi berupa backlink.
Gimana udah paham kan ? gimana cara membuat blog micro niche, dan manfaatnya? Kalo udah paham saya lanjut ke kesimpulan nih.
Kesimpulan
Dengan membuat blog yang berbasis mironiche, tentunya ada berbagai maam manfaat dan kemudahan, selain memudahkan kamu untuk menulis di blog itu, karena pembahasan  blognya begitu spesifik, kamu juga tentunya lebih mudah untuk membuat blog kamu terkenal. Biasanya blog dnegan basis ini tidak begitu banyak orang mengetahui sehingga memudahkan kamu untuk optimasi karena kompetitornya dikit.
Seperti itu kurang lebih, semoga membantu kamu ya artikel yang saya tulis ini, kalo dikira bermanfaat silahkan bagikan kepada saudara teman, kakek, nenek dan siapapu yang ingin mulai membuat blog.
Seperti biasa jangan lupa kalo ada keluhan atau pertanyaan kalian bisa menghubungi saya via IG atau twitter, bisa di klik di bagian about me yaaa.
Terima kasih telah berkunjungg, salam sukses, dan have a great day.:)



Comments


EmoticonEmoticon